Selasa, 10 November 2015

Cara Membuat Pisang Molen Renyah dan Menggoda

Cara Membuat Pisang Molen Renyah dan Menggoda. Molen pisang, yummy dimakan pas lagi hangat dengan ditemani teh ataupun kopi sungguh nikmat rasanya. Untuk mendapatkan molen pisang ini tidak sulit kan? Karena hampir disudut kota di seantero negeri ini ada penjual molen pisang idaman pelanggannya.

Namun kadang-kadang para penjual merasa ingin mendapatkan laba yang banyak sehingga kualitas bahan yang digunakan bukan yang terbaik, khususnya untuk penggunaan minyak goreng. Sehingga sering kali anda merasa tenggorokan menjadi sedikit gatal sesaat setelah mengkonsumsi molen pisang.

6 langkah mudah membuat molen pisang lezat dan sehat


Ditambah lagi dengan adanya fenomena gorengan yang mengandung plastik dan sulit untuk dikenali, mengkonsumsi makanan atau gorengan yang mengandung zat additive memang tidak akan segera terasa efek buruknya, namun dalam jangka waktu lama hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup rumit seperti munculnya kanker atau penyakit lain yang berbahaya.

Oke, yuk mari buat jajanan sehat di rumah dengan bahan yang terjamin mutunya serta proses pengerjaan yang higienis, percaya deh tidak sulit dan justru akan membuat anda menjadi semangat berkreasi nantinya.

Siapkan bahan-bahan ini dulu ya.

·         Pisang yang telah masak, anda bisa menggunakan pisang raja, pisang raja nangka, pisang kepok. Jika anda suka rasa manis gunakan pisang raja.
·         Tepung terigu sesuai dengan kebutuhan.
·         Telur ayam 1 butir.
·         Gula halus secukupnya.
·         Air dingin atau air es.
·         Margarine.
·         Baking powder.
·         Minyak goreng.

Diasumsikan anda telah memiliki alat penggiling molen, jika belum punya anda bisa membelinya terlebih dahulu, harganya cukup terjangkau. Resep molen ini juga bisa anda gunakan untuk membuka bidang usaha jajanan sehat.

Langkah praktis membuat molen pisang

Pertama, siapkan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula halus dan baking powder. Tips rahasia “ gunakan saringan atau ayakan ketika mencampurkan masing-masing bahan tersebut agar nantinya mudah untuk dicampurkan “.

Ke dua, masukkan telur beserta margarine pada adonan tersebut. Aduk-aduk hingga membentuk gumpalan.

Ke tiga, tambahkan dua sendok air es  ke dalam adonan yang telah mulai membentuk gumpalan tersebut. Campurkan air es tersebut  dengan adonan, proses ini bisa disebut dengan istilah “ uleni “ , langkah ini bisa membuat adonan menjadi lebih kuat dan nanti tidak akan mudah putus ketika dicetak pada mesin penggiling.

Ke empat, gunakan adonan yang telah siap tadi untuk diproses pada mesin giling manual, sesuai dengan keinginan. Akan lebih bagus jika memiliki tekstur yang tipis dan lembut agar nanti pada saat menggoreng molen pisang tidak membutuhkan waktu yang lama. potong adonan yang telah berbentuk pipih menjadi bentuk segi empat yang nantinya akan dijadikan kulit molen pisang.

Ke lima, kupas pisang yang telah disiapkan dan iris menjadi beberapa bagian. Kemudian letakkan pisang tersebut ke atas irisan kulit molen yang telah disiapkan, dan gulung seperti keinginan anda.

Ke enam, siapkan minyak panas dan bahan molen pisang siap untuk digoreng. Pada saat penyajian anda bisa menambahkan coklat cair untuk menambah rasa manis dan mempercantik tampilannya.

Manfaat mengkonsumsi pisang

Pisang adalah jenis buah yang sehat dan juga merupakan sumber energi yang baik. Mengkonsumsi satu buah pisang pada saat pagi hari sudah bisa dijadikan menu sarapan sehat pengganti nasi. Balutan tepung terigu pada pisang molen akan membuat olahan pisang menjadi semakin nikmat, sekaligus memberikan manfaat sumber karbohidrat untuk tubuh.

Jadikan Cara Membuat Pisang Molen Renyah dan Menggoda sebagai koleksi resep masakan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar