Rabu, 11 November 2015

6 Langkah Mudah Membuat Pisang Goreng Keju Crispy, Lezat dan Sehat

6 langkah mudah membuat pisang goreng keju crispy, lezat dan sehat. Pisang goreng adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, karena mungkin bagi orang barat pisang hanya cocok untuk dimakan dalam bentuk segar saja, dan belum terfikirkan untuk mengolahnya menjadi makanan lainnya.

Pisang memang tergolong buah yang istimewa karena bisa disajikan dalam bentuk yang beraneka ragam, beberapa makanan ringan olahan dari pisang adalah keripik pisang, pisang kukus, pisang goreng, pisang molen, gethuk pisang, naga sari pisang dan masih banyak lagi yang lainnya.

6 langkah mudah membuat pisang goreng keju crispy, lezat dan sehat
Pisang goreng keju spesial


Menyajikan hidangan pisang goreng sederhana memang sangat mudah, karena anda cukup menggorengnya menggunakan tepung terigu atau tepung goreng pisang yang kini sudah siap untuk digunakan, namun anda juga bisa menyajikan pisang goreng dalam bentuk yang lebih istimewa yaitu dengan sentuhan rasa gurih dan nikmat dari keju.

Membuat pisang goreng keju yang lezat di dapur sendiri, kenapa tidak?  Nggak sulit kok, yuk kita intip bahan-bahan dan cara membuatnya.

·         Pisang yang telah masak, optional anda bisa menggunakan jenis pisang apa saja asal tidak memiliki biji.
·         Tepung terigu.
·         Susu cair.
·         Gula pasir, kalau ada gula halus.
·         Bubuk vanilla.
·         Keju.
·         Minyak goreng.
·         Tepung panir.

Takaran jumlah dari bahan-bahan yang diperlukan bersifat dinamis dan menyesuaikan dengan jumlah pisang yang akan digunakan, jadi jangan takut untuk berimprovisasi agar gorengan pisang keju menjadi lezat dan sehat.

Langkah pengolahan

Pertama, buat adonan basahnya terlebih dahulu dengan cara mencampurkan tepung terigu, susu cair, gula pasir, bubuk vanilla ( cukup satu sendok teh ) serta keju  yang telah diparut. Aduk hingga benar-benar menyatu.

Kedua, kupas pisang yang telah disiapkan lalu masukkan ke dalam adonan. Anda bisa mengiris pisang tersebut menjadi beberapa bagian atau membiarkannya dalam ukuran yang utuh. Lumuri buah pisang dengan adonan tersebut hingga merata.

 tips, agar memberi tampilan yang menarik belah pisang pada bagian ujungnya ke arah bawah hingga mencapai separuh badan buah pisang, sehingga bisa membentuk huruf V. selain dapat membuat tampilan lebih menarik, cara ini juga dapat membantu membuat pisang goreng bisa matang dengan sempurna “

Ketiga, setelah pisang telah terlumuri oleh adonan basah segera masukkan ke dalam wadah yang telah terdapat tepung panir di dalamnya, taburkan tepung panir ke atas permukaan pisang hingga rata dengan sempurna.

Ke empat, simpan ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit agar adonan dan tepung panir dapat menempel dengan sempurna.

Ke lima, panaskan minyak goreng yang telah disiapkan, gunakan minyak goreng yang masih baru agar nantinya warna dari pisang goreng keju terlihat semakin cantik. Setelah minyak goreng benar-benar panas anda bisa menggorengnya dengan penuh keyakinan.

gunakan api kecil saat menggoreng pisang, agar warna dan tekstur pisang dapat berkolaborasi dengan sempurna. Munculnya warna coklat keemasan akan berbarengan dengan matangnya pisang “
6 langkah mudah membuat pisang goreng keju crispy, lezat dan sehat



Ke enam, segera angkat dan tiriskan ketika warna pisang goreng telah berubah menjadi coklat.
Ke enam, selagi masih hangat taburkan keju parut di atas pisang goreng tersebut untuk menambah kelezatan pisang goreng keju serta membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Bagaimana, tidak sulit kan menerapkan 6 langkah mudah membuat pisang goreng keju crispy, lezat dan sehat ini, mari segera ke dapur dan mempraktekkannya. To be enjoyed.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar