Kamis, 12 November 2015

Resep dan langkah membuat pepes ikan nila praktis dan lezat

Resep dan langkah membuat pepes ikan nila praktis dan lezat. Indonesia adalah negara maritim yang luas wilayahnya banyak terdiri dari lautan dan di dalamnya terkandung kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya adalah ikan.

Mengkonsumsi ikan dan olahannya sangat baik untuk menunjang kebutuhan gizi manusia, ada banyak sekali jenis ikan yang bisa untuk diolah dan aman di konsumsi, salah satu jenis ikan yang cukup banyak penggemarnya adalah ikan nila.

Resep dan langkah membuat pepes ikan nila praktis dan lezat
Pepes ikan yang lezat dan sehat


Ikan tidak hanya nikmat untuk digoreng saja, namun jika bisa dikonsumsi dalam bentuk sajian ikan bakar maupun dijadikan pepes ikan. Cara mengolah ikan yang sehat dan bebas dari kolesterol adalah dengan cara mengukusnya, dan agar lebih terasa nikmat boleh ditambahi bumbu-bumbu rahasia sehingga menjadi sajian pepes ikan nila yang lezat.

Membuat pepes ikan nila sebenarnya tidaklah sulit, bahkan lebih simple dari pada anda menggorengnya. Kenapa demikian? Sebab pada saat proses merebusnya anda bisa melakukan kegiatan lainnya sambil menunggu matang tanpa harus khawatir ikan akan menjadi gosong seperti ketika anda menggoreng ikan. Selain itu ikan goreng juga kurang bagus untuk penderita kolesterol dan obesitas.

Berikut ini adalah beberapa bumbu dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sajian nikmat pepes ikan nila yang sehat nan lezat.

ü  Ikan nila, sediakan sesuai kebutuhan misalnya saja 6 ekor dengan ukuran sedang.
ü  Air bersih kurang lebih sebanyak 750 ml.
ü  Jeruk nipis untuk diambil air perasannya.
ü  3 batang serai. 1 batang untuk dimemarkan, 2 batang di potong menjadi 6 bagian lebih kecil.
ü  Daun salam yang masih muda 6 lembar.
ü  Daun kemangi.
ü  Daun pisang yang masih muda dan lentur secukupnya.
ü  Potongan lidi atau tusuk gigi.

Bumbu halus pepes ikan nila.

·         Bawang merah 12 butir.
·         Bawang putih 6 siung.
·         Cabai rawit atau cabai merah 6 buah.
·         Kemiri 6 buah disangrai lebih dulu.
·         Kunyit 2 ruas, dibakar.
·         Ketumbar secukupnya.
·         Gula pasir.
·         Garam halus secukupnya, jangan terlalu banyak apalagi untuk penderita hipertensi.

Simak langkah-langkah berikut ini agar proses pembuatan pepes ikan nila menjadi lebih cepat dan efisien.

Pertama, nyalakan kompor dan letakkan dandang atau kuali dengan diisi air sebanyak 750 ml atau menyesuaikan kebutuhan, gunakan api sedang tunggu hingga mendidih.

Ke dua, bersihkan ikan nila dengan air mengalir kemudian lumuri dengan perasan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Ke tiga, sembari menunggu proses pertama dan kedua selesai, haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan menggunakan blender atau cobek lalu pisahkan menjadi dua bagian, satu bagian akan digunakan dalam proses merebus dan satu bagian lagi digunakan untuk melumuri ikan ketika dibungkus daun pisang.

Ke empat, setelah proses 15 menit perendaman ikan nila berlalu dan air telah mendidih, masukkan ikan nila tersebut ke dalam kuali beserta separuh bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Agar menambah rasa segar pada pepes ikan nila maka tambahkan satu batang serai yang telah dimemarkan dan daun kemangi ke dalam rebusan tersebut.

Ke lima, setelah ikan nila matang segera angkat dan tiriskan sejenak kemudian bungkus dengan daun pisang, tambahkan daun salam, potongan serai, kemangi serta lumuri bumbu halus. Jangan lupa untuk menggunakan potongan lidi atau tusuk gigi agar bungkusan daun pisang lebih kencang.

Ke enam, bakar ikan nila yang telah dibungkus tadi dengan api sedang hingga baunya harum dan daunnya menjadi kecoklatan.

Sajian pepes ikan nila siap dihidangkan bersama nasi hangat.

Selamat mencoba Resep dan langkah membuat pepes ikan nila praktis dan lezat dan semoga berhasil ya. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut secara benar maka anda hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar